˚◦♥◦˚الجناس˚◦♥◦˚

Secara bahasa al-jinas sama dengan al-musyakalah yang artinya persamaan, menyamai atau sejenis. Sedangkan menurut istilah jinas adalah dua lafadz yang mempunyai persamaan dalam pengucapan, sedang artinya berbeda
Al-Jinas terbagi beberapa macam yaitu:

1.      Jinas Tam
Jinas tam adalah kemiripan dua kata dalam empat hal yakni, huruf, syakal, jumlah dan urutannya. Contoh Q.S Ar-Rum: 55
وَيَوْمَ تَقُوْمُ السَّاعَةُ يُقْسِمُ الْمُجْرِمُوْنَ مَالَبِثُوْاغَيْرَسَاعَةٍ كَذَالِكَ كَانُوْيُؤْفَكُوْن
Terjemahan: “Dan pada hari (ketika) terjadinya kiamat, orang-orang yang berdosa bersumpah, bahwa mereka berdiam (dalam kubur) hanya sesaat saja. Begitulah dahulu mereka dipalingkan dari kebenaran”.
Kata السَّاعَةُ yang pertama menunjukan makna hari kiamat dan yang kata  السَّاعَةُ yang kedua yakni gambaran tentang keadaan orang-orang dalam kubur yang menanti hari kebangkitan.
2.      Jinas Muharra 
 Jinas muharraf adalah dua lafaz yang berbeda dilihat dari bentuk hurufnya, dan sama jenis, jumlah dan     aturannya. Contoh:
جُبَّةُ الْبُرْدِ جُنَّةُ الْبَرْدِ
 Misalnya kata البُرْدُ (kain bergaris untuk diselimutkan pada badan) diartikan sebagai الكِساَء (pakaian) yakni pakaian bergaris-bergaris yang menyelimutinya, البَرْدُ yang artinya mengurangi panas, البَرَدُ yang artinya air beku yang turun dari langit. Huruf-huruf dalam kalimat ini sama jenis, jumlah dan aturannya, akan tetapi berbeda bentuknya.
3.      Jinas Naqis
Jinas naqis adalah berkurangnya huruf dalam dua lafadz. Contoh Q.S Al-Qiyamah: 29-30
وَالْتَفَتِ السَّاقُ بِالسَّاقِ# إِلَى رَبّكَ يَوْمَئِذٍ الْمَسَاقُ#
Terjemahan: “Dan bertaut betis kiri dan betis kanan, kepada Tuhan-mulah pada hari itu kamu di halau”.
4.      Jinas mudhari’
Jinas mudhari’ adalah dua lafadz yang perbedaannya terdapat pada satu huruf, namun berdekatan (masih dalam satu makhorijul huruf), baik pada awal, pertengahan maupun akhir kalimat. Contoh Q.S Al-Mu’min: 75
ذَلِكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَفْرَحُوْنَ فِيْ الأَرْضِ بِغَيْرِالْحَقّ وَبِمَا كُنْتُمْ تًمْرَحُوْنَ
Terjemahan: “Yang demikian itu disebabkan karena kamu bersukaria di bumi,tanpa mengindahkan kebenaran dan karena kamu selalu bersukaria dalam kemaksiatan.”
Kata تَفْرَحُوْنَ dan تًمْرَحُوْنَ adalah dua kata yang serupa akan tetapi berbeda satu hurufnya yaitu huruf الفاء  pada lafaz awal dan huruf الميم pada lafaz kedua.
5.      Jinas Lahiq
Jinas lahiq adalah dua lafadz yang perbedaannya terdapat pada satu huruf, namun berjauhan (tidak dalam satu makhorijul huruf), baik pada awal, pertengahan maupun akhir kalimat. Contoh surat Ad-Dhuha: 9-10
فَأَمَّاالْيَتِيْمَ فَلَا تَقْهَرْ# وَأَمَّاالسَّآئِلَ فَلَا تَنْهَرْ#
Terjemahan: “Maka terhadap anak yatim janganlah engkau berlaku sewenang-wenang dan terhadap orang yang meminta-minta, janganlah engkau menghardiknya.”
6.      Jinas MajduzJinas majduz adalah jinas yang mengulang-ulang kata yang sejenis. Contoh Q.S An-Naml: 22
فَمَكَثَ غَيْرَبَعِيْدٍ فَقَالَ اَحَطْتُّ بِمَا لَمْ تُحِطْ بِهِ وَجِئْتُكَ مِنْ سَبَإٍ بِنَبَإٍ يَّقِيْنٍ
Terjemahan: “Maka tidak lama kemudian datanglah hud-hud, lalu ia berkata aku telah mengetahui sesuatu yang belum engkau ketahui. Aku datang kepadamu dari negri Saba’ membawa suatu berita yang meyakinkan.”
7.      Jinas Qalb
Jinas Qalb adalah dua lafaz yanfg berbeda urutan hurufnya. Contoh Q.S Al-Mudatsir: 3
وَرَبَّكَ فَكَبّر
Terjemahan: “Dan agungkanlah Tuhan-mu.”
8.      Jinas Mushahaf
Jinas mushahaf adalah dua lafaz yang memilik kesamaan dilihat dari segi tulisan, akan tetapi perbedaannya terletak pada titik huruf lafaz tersebut. Contoh Q.S As-Syu’araa: 79-80
وَالَّذِى هُوَ يُطْعِمُنِى وَيَسْقِيْنِ# وَإِذَامَرِضْتُ فَهُوَ يَشْفِيْننِ#
Terjemahan: “Dan Dia yang memberi makan dan minum kepadaku, Dan apbila aku sakit, Dialah yang menyembuhkan aku.”
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar