1. Pengertian
Ta’ajjub
هو استعظا م زيا دة في وصف الفا عل خفي سببها
التعجب هو عبا رة اسلوب الشخص
عند ماىر رىد أن يعبر عن شعو ره بعظمة شي رآه وشا هدهُ ، ولكن يظهر مدى
إعجابه فيستعمل اسلوباً معيّناً ويسمى بأسلوب ااتعجب
Ta’jub adalah suatu ungkapan yang
digunakan yang khusus ketika kita ingin menggambarkan tentang perasaan,
membesarkan sesuatu yang dilihat dan disaksikan
Ta’ajjub adalah berarti
juga memperbesar kelebihan pada sifatفاعل yang
penyebabnya masih samar (Ibnu
Hamdun : 1 ; 232)
التعجب Mempunyai dua bentuk kata, yaitu :
·
ما اَ فْعَلَ
·
اَفْعِل + به
a. Contoh ما اَ فْعَلَ :
1. زَيْدًا
ما اَ فْعَلَ = Alangkah cekatannya si zaid
2. ما اَحْسَنَ زَيْدًا = Alangkah
baiknya si Zaid
ما adalah مبتدأ bermakna syai-un (sesuatu)
yang besar, dan اَفْعَل adalah فِعِل ماض sedangkan
فاعل adalahضمير .
b. Contoh اَفْعِل + به
1. اَفْعِل بِزَ يْدِا = Alangkah celakatannya
si zaid
2. أَحْسِنْ بِزَيْدِا = Alangkah baiknya si zaid
3. أَكْرِمْ بِهِ = Alangkah mulianya dia
اَفْعلِ adalah فاعل yang berbentuk امر
tetapi maknanya adalah التعجب dan
didalamnya tidak mengandung ضمير
2. Syarat ta’ajjub
1. Harus menyandar antara ما التعجب dengan فعل التعجب
2. فعل الثلاثي
3. Asal pokok مؤ التعجب منه wajib معر فة , ilatnya فعل الثلاثي faa idah.
3. Rukun ta’ajjub
1.
ما التعجب
2. فعل التعجب
3. مؤ التعجب منه
4. Pembagian فعل التعجب
Pembagian فعل التعجبada dua yaitu :
ü
التعجب ذاتي , yaitu bilamana التعجب diatur dengan
wazan ما اَ فْعَلَ dan اَفْعِل به
ü
التعجب ارضي,
yaitu التعجبyang keluar dari wazanفَعَلَ dipindahkan ke wazan فَعُلَ
5
Kaidah-kaidah dalam Ta’ajjub
§
بِأَفْعَلَ انْطِقْ بَعْدَ مَا تَعَجُّبَا # أَو جِىء بِأَفْعِلَ
مَجْرُورٍ بِبَا
Dengan yang turut akan wazanhاَفْعَلَ , harus halya setelah ما التعجب atau mendatangkan kamu kepada mauzuun
yang turut akanاَفْعِلْ , halnya tetap sebelum isim yang dijarkan oleh باziyadah
Bentuk pertama : Bilamana akan menjadikan فعل التعجب samakan saja kepada
wazan
اَفْعَل setelah lafadh ما
Contoh :
زَيْدًا ما اَ فْعَلَ = Alangkah baiknya si
zaid
مَا افْضَلَهَ وَ مَا اعْلَمَهَ = Alangkah utamanya dia dan alangkah alimnya dia
ماadalah مبتدأ(ini kata khusus permulaan kata فعل التعجب ) bermakna sesuatu, dan اَ
فْعَلَ adalah fi’il
madhi (kata kerja lampau bangsa الثلا ثي الجي د- / berasal dari tiga huruf yang menerima tambahan), sedangkan فاعل
(subjeknya) adalah ضمير (kata ganti) yang tersembunyi wajib disembunyikan,
yang kembali kepada ما dan isim yg dinashabkan ialah مؤ التعجب منه(pengikut amal), berkedudukan sebagaiمفعول
به (objek penderita), sedangkan jumlah semuanya
merupakan خبرdari ما
Bentuk kedua : Atau samakan saja
kepada wazan اَفْعِل به , setelah
kalimat yang dijarkan oleh باziyadah.
Contoh : اَفْعِل بِزَ يْد = Alangkah baiknya si zaid
أَكْرِمْ بِهِ =
Alangkah mulianya dia
Lafaz اَفْعِل
adalah فعلyang lafaznya berbentuk امرtetapi maknanya adalah التعجب (bukan perintah), dan di dalamnya tidak
mengandung
ضمير. Sedangkan با zaedin adalah فا عل
Bentuk asal kalimahا
اَحْسِنْ زَيْدِ
(Alangkah baiknya Si Zaed) ialah اَحْسَنَ زَيدًا (Si
Zaed menjadi orang yg baik) kemudian bentuknya diubah menjadi bentuk amar, maka
dianggap tidak baik bila secara langsung disandarkan kepada ا سم ضمير , untuk itulah maka ditambahkan huruf با pada فاعل
§
وَتِلوَ أَفْعَلَ انْصِبَنَّهُ كَمَا # أَوفَى خَلِيْلَيْنَا
وَأَصْدِقْ بِهِمَا
Dan harus menashabkan atas isim yang
sanding kepada lafadh اَفْعَل Tegasnya harus
menashabkan atas isim yang sanding kepada lafadh اَفْعَلَ .
Kalimat yang menyandar
kepada فعل التعجب wazanما اَفْعَلَ maka harus dinashabkan. Contoh ما اَحْسَنَ زَيْدًا (alangkah baiknya si zaid)Ilat sebabnya harus nashab karena sesungguhnya مؤ مل ما فعل التعجبitu seperti
tambahan/fadlah. Adapun hak-nya fadhlah terbuktinya dinashabkan
Adapun kalimah yang
menyandar kepadaفعل التعجب wazan اَفْعِلْ, maka kalimat itu jar-kan olehبا حرف جرzaidah.
Contoh : أَحْسِنْ بِزَيْدِا Alangkah baiknya si
zaid
§
وَحَذْفَ مَا مِنْهُ تَعَجَّبْتَ ا سْتَبحْ # إِنْ كَانَ
عِنْدَ الحَذْفِ مَعْنَاهُ يَضِحْ
Adapun perkara فعل التعجب , maka فعل itu apabila ada dalil boleh dibuangnya,
tetapkan فعل التعجب .
§
وَفِي كِلاَ الفِعْلَيْنِ قِدْمَاً لَزِمَا # مَنْعُ تَصَرُّفٍ
بِحُكْم حُتِمَا
Adapun perkaraفعل التعجب ,
baik wazan اَفْعَلَ ataupun wazanاَفْعِلْ , maka فعلitu
dicegah keduanya dari التصر يف, meskipun mulanya menerima التصر يف . Tegasnya tidak pernah digunakan wazan اَفْعَلَ selainفعل ماض , dan tidak pernah digunakan wazan اَفْعِلْ
selain فعل امر
§
وَصُغْهُمَا مِنْ ذِي ثَلاَثٍ صُرِّفَا # ً قَابِلِ فَضْلِ تَمَّ غَيْرِ
ذِي انْتِفَا
§
وَغَيْرِ ذِي وَصْفٍ يُضَاهِي أَشْهَلا # َ وَغَيْرِ سَالِكٍ سَبِيْلَ
فُعِلاَ
Apabila hendak membuat فعل التعجب,
maka فعل itu harus menyamakan kepada persyaratan yang tujuh,
seperti diterangkan dibawah ini :
1. Harus فعل ثلاثي
2. Harus menerima التصر يف
3. Harus ada makna فعل itu yang menerima pada
saling melebihkan.
4. فعل harus
تم فعل
5. فعل jangan منف(negatif).
6. Tidak boleh فعل yang mempunyai
shegat sama kepada wazanاَفْعَلَ .
7. Dan فعل tidak
boleh yang مجحل(pasif).
Contoh فعل التعجب yang memenuhi persyaratan seperti ini :
ما اَحْسَنَ زَيْدًا Alangkah baiknya si
zaid
§
وَأَشْدِدَ أو أَشَدَّ أَو شِبْهُهُمَا # يَخْلُفُ مَا بَعْضَ
الشُّرُوطِ عَدِ مَا
§
وَمَصْدَرُ العَادِمِ بَعْدُ يَنْتَصِبْ # وَبَعْدَ أَفْعِل جَرُّهُ
بِالبَا يَجِبْ
Bilamana terdapat فعل kosong dari sebagian syarat, maka فعل التعجب itu
apabila dijadikan gantikan saja oleh lafadh أَكْرِمْ atau lafadh اَكْرَمَ. Kemudian dijadikan .مسدر فعل yang kosong dari setengahnya syarat
itu,bacanya harus “Dinashabkan”.
Contoh زَيْدًا ما اَ فْعَلَ atau اَفْعِلْ بِزَيْدِاLafadh اَفْعِل
wajib dijarkan olehبا zaidah مسدر itu.
§
وَبِالنُّدُورِ احْكُمْ لِغَيْرِ مَا ذُكِرْ # وَلاَ تَقِسْ عَلَى
الَّذِي مِنْهُ أُثِرْ
Bilamana ada فعلkosong dari sebagian syarat, tetapi tetap
dijadikan
فعل التعجب, tapi tidak
digantikan oleh lafadh أسْعَدَtidak digantikan oleh lafadh أسْعِدِّ dan tidak digantikan oleh lafadh
“Syibahahnya”, maka فعل itu hukumnya “Langka”, tegasnya “Samaa’i”, jangan
diqiyaskan.
§
وَفِعْلُ هَذَا البَابِ لَنْ يُقَدَّمَا # مَعْمُولُهُ وَوَصْلَهُ بِهِ
الزَمَا
Adapun perkara مؤ مل ما فعل
التعجب, maka فعل itu tidak boleh
didahulukan, diakhirkan
فعل التعجب .
Contohnya yaitu :
a. ما اَحْسَنَ زَيْدًا tidak boleh dibaca “اَحْسَنَ ما زَيْدًا”,
b. يْدِا اَحْسِنْ بِذَ tidak boleh dibaca بِذَيْدِا
اَحْسِنْ Ilatnya “Liannaha min adawaatil ibtida-i”.
§
وَفَصْلُهُ بِظَرْفٍ أو بِحَرْفِ جَرّ # مُسْتَعْمَلٌ وَالخُلفُ فِي ذَاكَ
اسْتَقَرْ
Adapun perkara فعل التعجب
antara dengan مؤ مل dipisah
olehحرفى الجر , atau ظرف (keterangan waktu atau tempat), maka فعل itu hukumnya rebutan kaol. Menurut
sebagian kaol “Jamaatu Nahwiyyin” serta Imam Ajjurumie, boleh
dipisah dengan atauور) ظرف .(الجر مجرMenurut sebagian lagi
tidak boleh, yaitu menurut Imam Akhfasy dan Imam Mubarrod.
Contohnya adalah :) ما اَحْسَنَ هَذَا لِغَااحَاAduh
alangkah bagusnya pada waktu susah menemui kekasih( Adapun ilatnya kenapa boleh dipisah dengan ظرف dan الجر
مجرور Karena
sesungguhnya dhorof dan jar-majrur tidak dihitung sebagai yang memisahkan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar